Samsung Cegah Pikun Dengan Backup Memory | SatuSaja.Com
Home » Techno » Samsung Cegah Pikun Dengan Backup Memory
Samsung Cegah Pikun Dengan Backup Memory

Samsung Cegah Pikun Dengan Backup Memory

SatuSaja.Com – Lemahnya ingatan pada seseorang atau kepikunan saat ini tidak hanya menjadi momok bagi usia tua, tetapi penyakit ini juga bisa terjadi pada usia muda. Alzheimer misalnya, penyakit yang bisa bikin pengidapnya kehilangan ingatan alias pikun. Tingkat kepikunannya pun beragam, dari yang paling rendah alias cuma lupa sesaat, sampai yang benar-benar kehilangan masa lalunya. Terkait kepikunan tersebut, Samsung merilis aplikasi yang bisa membantu pengidap kepikunan untuk mengingat kembali. Samsung menamai aplikasi ini dengan Backup Memory.

Cara Kerja Samsung Cegah Pikun Dengan Backup Memory

Yaitu pengguna yang bisa diwakilkan oleh orang terdekat misalnya keluarga atau anak memasukkan foto-foto kenangan masa lalu si pengidap Kepikunan. Selanjutnya aplikasi tersebut diinstal di ponsel si pengidap. Melalui Bluetooth, secara otomatis aplikasi yang ada di ponsel keluarga atau anak dan pengidap akan bisa saling tersinkron foto-fotonya.

Selanjutnya ketika si anak ingin menemui si pengidap, bisa mengaktifkan dulu aplikasi Backup Memory, sesaat kemudian di layar ponsel si pengidap akan tampil foto-foto kenangannya dengan si anak. Dengan melihat foto-foto tersebut, si pengidap pun akan bisa mengingat si anak yang akan menemuinya.

Aplikasi Backup Memory ini hasil pengembangan yang dilakukan oleh Samsung Electronic Tunisia dan Asossiasi Alzheimer Tunisia. Tujuannya agar pengidap Alzheimer bisa mendapat stimulasi ingatan, sehingga ingatannya diharapkan bisa pulih. Tetapi menurut Dr Meriam Labidi, salah satu dokter yang ikut andil dalam pengembangan aplikasi Backup Memory, stimulasi ingatan itu disebut hanya akan membantu bagi pengidap Alzheimer yang masih dalam taraf rendah

Selain Backup Memory, Samsung juga akan menambahkan fitur berbasis GPS yang berfungsi untuk memberitahu lokasi penderita Alzheimer ke ke orang-orang terdekat jika sang pengidap kepikunan tersesat di jalan.

Marketing Manager Mobile Samsung Electronic Tunisia Azer Jaafoura, menambahkan, Backup Memory ini bukanlah terobosan teknologi, melainkan pengembangan dari teknologi saat ini dan ini baru aplikasi tahap awal. (put)

Scroll To Top