Konsumsi Buah-buahan di Bulan Puasa Untuk Jaga Stamina
Home » Health » Konsumsi Buah-buahan di Bulan Puasa Untuk Jaga Stamina
Konsumsi Buah-buahan di Bulan Puasa Untuk Jaga Stamina

Konsumsi Buah-buahan di Bulan Puasa Untuk Jaga Stamina

SatuSaja.Com – Memasuki bulan puasa, mengkonsumsi buah buahan juga penting untuk menjaga stamina. Konsumsi buah yang tepat juga bisa mengatasi masalah-masalah kesehatan mulai tidak enak badan sampai gampang lapar.

Berikut buah-buahan yang bisa di konsumsi saat puasa ;

1. Kurma

Si hitam manis dari tanah timur tengah ini adalah buah yang tidak boleh absen di sahur. Rasanya begitu manis dan juga padat, karena mengandung begitu banyak zat gula yang dibutuhkan tubuh. Uniknya, zat gula yang terkandung dalam buah kurma ini tidak sama dengan nasi yang biasa kita lahap saat sahur dan berbuka. Walaupun kadar zat gula pada kurma termasuk tinggi, kurma rendah akan zat glikemik, yang artinya bisa dikonsumsi secara aman tanpa bikin gendut. Mengkonsumsi kurma juga bikin puasa makin sehat karena kurma sendiri adalah obat alamiah untuk melawan kolestrol-kolestrol yang ada di tubuh.

2. Pepaya

Untuk yang sering sakit maag atau sembelit ketika berpuasa, pepaya adalah solusinya. Buah berbentuk unik ini juga sangat bagus untuk dikonsumi saat sahur, mengingat berbagai manfaat yang dimilikinya untuk sistem pencernaan. Pepaya adalah buah yang kaya serat, dan juga memiliki kandungan zat-zat yang membantu mencerna makanan secara lebih optimal. Daging buah papaya yang halus dan cairannya, membantu agar lambung tidak nyeri saat mencerna makanan, selain itu pepaya juga dapat membantu menyembuhkan penyakit maag.

3. Apel,

Selain praktis karena bisa dimakan langsung beserta kulitnya, apel juga termasuk buah yang disarankan untuk dikonsumsi ketika sahur. Selain kaya akan vitamin A, B, dan C, Apel juga bisa menekan nafsu makan sesaat dan setelah sahur. Layaknya kurma, Apel juga membantu melawan kolestrol-kolestrol di dalam tubuh, sehingga jantung akan lebih sehat. Agar mendapatkan manfaat sempurna dari sebutir apel, maka makanlah apel beserta kulitnya tetapi dengan mencucinya terlebih dahulu di air yang mengalir, dan langsung menggigitnya.

4. Pisang

Energi kilat yang mudah diserap tubuh buat sahur dan bagus untuk tekanan darah adalah buah pisang. Pisang yang kuning dan lonjong ini pas banget untuk suplemen tambahan ketika sahur. Dalam sebuah pisang berukuran sedang, tersimpan hingga 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Pisang juga berkhasiat menormalkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung, Oleh karena itu pisang menjadi andalan para atlet pesepeda pasca latihan, karena cepat dicerna oleh tubuh.

5. Jeruk

Ngomongin buah memang gak komplit kalo nggak melibatkan jeruk. Buah terfavorit di seluruh dunia ini, memang segar dan tentunya mengandung banyak sekali kandungan yang bermanfaat buat tubuh. Ada vitamin A, B1, B2, dan pastinya vitamin C dalam jumlah banyak, yang bisa membantu menjaga tubuh agar tidak drop ketika puasa. Jeruk juga dikenal manjur untuk meredakan gejala flu ringan ataupun berat terutama di musim pancaroba. Bagi orang yang badannya sehat, jeruk juga banyak manfaat, misalnya meningkatkan antibodi, mencegah infeksi, membersihkan lemak tak jenuh dari tubuhmu, dan lain-lain.

6. Blewah

Blewah sering jadi buah yang kerap kali dicari di pasar, ketika bulan ramadhan. Tidak hanya rasanya yang segar ketika bertemu es dan sirup, buah ini juga sahabat sejati bagi yang suka sahur mepet sebelum imsak. Rasa manis pada blewah ini, sebetulnya berasal dari zat yang akan membantu usus menyerap makanan yang tidak tercerna secara sempurna. Blewah juga berkhasiat untuk meredam rasa mual disaat puasa, yang bisa diakibatkan stress, kelelahan, perjalanan jauh, atau konsumsi makanan-makanan yang tidak bersahabat dengan lambung. Blewah ini disarankan sebagai menu konsumsi sahur bagi mereka yang akan bepergian mudik lebih awal. (Vien)

Scroll To Top