12 Tips Saat Makan Sahur
Home » Health » 12 Tips Saat Makan Sahur
12 Tips Saat Makan Sahur

12 Tips Saat Makan Sahur

SatuSaja.Com – Tips saat makan sahur menjadi perhatian kita saat menjalani ibadah puasa. Sebab, sahur ternyata jauh lebih penting ketimbang berbuka puasa. Tubuh kita harus dibekali nutrisi yang cukup hingga saat berbuka. Berikut ini ada 12 tips yang penting kita perhatikan saat sahur.

  1. Mulai sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan. Sehingga kita juga harus sebanyak mungkin mengganti cairan tersebut.
  2. Hindari mengkonsumsi teh dan kopi berlebihan saat sahur. Teh mengandung zat tanin yang membuat zat besi dan protein tak terserap di tubuh. Kondisi kekurangan zat besi dan protein ini membuat kita tak bertenaga selama berpuasa.
  3. Mengurangi makanan berlemak dan makanan yang di goreng. Alasannya makanan yang digoreng sudah pasti berlemak dan putuh waktu 13-14 jam untuk mencerna. Kondisi ini membuat lambung terasa kenyang sehingga nutrisi yang lain akan susah masuk.
  4. Hindari makanan asin. Garam atau natrium bersifat mengikat air. Semakin asin, artinya semakin cepat kita merasa haus.
  5. Sesuaikan konsumsi hidangan manis. Sajian yang manis umumnya mengandung gula sederhana yang cepat diserap tubuh..
  6. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.
  7. Untuk lauknya kita bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan.
  8. Sempurnakan sarapan sahur dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium seperti pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.
  9. Konsumsi Kurma atau buah-buahan dibanding makan nasi, Makanan-makanan ini memberikan kita tenaga yang lebih alami dan tahan lebih lama.
  10. Makanlah dengan perlahan. Kita akan lebih menikmati makanan tersebut dan pencernaan akan terserap dengan optimal. Sehingga nutrisi makanan bisa digunakan dengan baik untuk berpuasa seharian.
  11. Agar metabolisme tetap aktif dan lancar, hindari tidur setelah sahur. Karena tubuh akan bangun dalam keadaan lemas dan mudah lapar jika tidur setelah sahur.
  12. Selama bulan puasa, gaya makan tetap harus dikontrol, karena bila terlalu banyak atau terlalu sedikit makan, malah akan menimbulkan masalah kesehatan.

Selamat berpuasa dan semoga lancar ya. (vien)

Scroll To Top