Tak bayar hutang Kini Yunani sejajar Zimbabwe
Home » Ekonomi Bisnis » Tak Bayar Hutang, Kini Yunani Sejajar Zimbabwe
Tak Bayar Hutang, Kini Yunani Sejajar Zimbabwe

Tak Bayar Hutang, Kini Yunani Sejajar Zimbabwe

SatuSaja.Com – Tak bisa bayar hutang ke International Monetary Fund (IMF). Yunani kini resmi menjadi negara bangkrut sejajar dengan Zimbabwe dan Somalia. Sebelumnya Yunani harus membayar hutangnya kepada IMF sebesar 1,6 Milyar Euro yang jatuh tempo Selasa kemaren tanggal 30 Juni 2015.

Menangantisipasi kekacauan ekonomi di negaranya Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras menutup bank untuk mencegah penarikan besar-besaran, dan membatasi penarikan dana lewat ATM. Tsipras juga menolak utang lanjutan dari krediturnya di Eropa untuk menutup utangnya. Alasannya, dia tidak setuju dengan syarat penghematan anggaran yang diminta kreditur.

Dilansir dari Reuters, Rabu (1/7/2015), IMF akan mengumumkan status gagal bayar utang (default) dari Yunani. Negara ini akan sejajar dengan Zimbabwe, Kuba, dan Somalia yang mengalami kondisi sama. Untuk di ketahui, Yunani merupakan negara maju pertama yang tidak bisa membayar utangnya.

Karena status bangkrut ini akan membuat Uni Eropa harus mengeluarkan Yunani karena dianggap akan mengganggu stabilitas ekonomi dan mata uang euro. Bila ini terjadi, maka Yunani akan kembali menggunakan mata uang lamanya.

Sementara itu Kepala Ekonom Standard Chartered Bank Eric Sugandi mengatakan, fenomena Yunani yang terancam keluar dari Eropa berdampak tidak langsung bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Alasannya Yunani bukanlah investor utama di Indonesia.
Menurut Eric perekonomian bangsa akan terkena imbas secara tidak langsung dari negara lain sebagai rekan bisnis yang berhubungan langsung dengan Yunani. Pertumbuhan ekonomi Indonesia ini akan dipengaruhi faktor eksternal lainnya seperti fenomena “super dollar” yang mengakibatkan dollar semakin menguat terhadap mata uang negara lainnya terutama Euro maupun mata uang emerging market yang lain termasuk Indonesia. (Put)

Scroll To Top