Kemampuan Bahasa Inggris SDM Pariwisata di Indonesia Masih Rendah
Home » Ekonomi Bisnis » Kemampuan Bahasa Inggris SDM Pariwisata di Indonesia Masih Rendah
Kemampuan Bahasa Inggris SDM Pariwisata di Indonesia  Masih Rendah

Kemampuan Bahasa Inggris SDM Pariwisata di Indonesia Masih Rendah

SatuSaja.Com – Sebagai salah satu negara tujuan wisata ternyata kemampuan bahasa Inggris SDM Pariwisata di Indonesia ternyata masih rendah di bandingkan Malaysia, Fillipina, dan Singapura. Hal ini disampaikan M. Soleh Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur.

Menurut M Sholeh karyawan hotel Indonesia khususnya Jawa Timur masih belum benar-benar siap dalam hal kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Selain masalah komunikasi, karyawan hotel Jawa Timur juga masih banyak yang belum bersertifikat. Padahal, sertifikasi karyawan adalah salah satu bentuk profesionalisme SDM lokal agar mampu bersaing dengan SDM asing yang akan bekerja di industri perhotelan Indonesia. Idealnya ada 1000-3000 sertifikasi tiap tahun tapi di Jawa Timur rata-rata sertifikasi karyawan hotel hanya 300 sampai 500 orang saja tiap tahunnya.

Sholeh menambahkan ini adalah pekerjaan rumah yang penting di bidang pariwisata dan harus diselesaikan mengingat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kurang 5 bulan lagi. (Vien)

Scroll To Top