BPKM Akan Hapus Hambatan Bisnis di RI | SatuSaja.Com
Home » Berita » BPKM Akan Hapus Hambatan Bisnis di RI
BPKM Akan Hapus Hambatan Bisnis di RI

BPKM Akan Hapus Hambatan Bisnis di RI

SatuSaja.Com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani, akan melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga pemerintahan untuk menghapus berbagai hambatan usaha atau bisnis di Indonesia. Hal ini menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo yang mengharapkan para menteri bekerja keras memperbaiki kemudahan bisnis di Indonesia.

Franky menjelaskan ada 19 catatan yang perlu diselesaikan untuk menaikan peringkat kemudahan berbisnis Indonesia. Frangky menjelaskan dari 19 catatan tersebut yang menjadi perhatian utamanya adalah aturan persyaratan modal minimal sebesar Rp 50 juta untuk pendirian Perseroan Terbatas (PT). Menurut Franky syarat penyertaan modal ini akan dihilangkan untuk mempermudah pelaku bisnis, khususnya yang berskala kecil dan menengah (UKM).

Hal lain yang perlu mendapat perhatian khusus adalah pemasangan sambungan listrik baru memakan waktu hingga 79 hari. Menurut Franky waktu pemasangan listrik sebagai alat vital dalam sebuah industri dan bisnis ini dinilai terlalu lama. Frangky berharap Kementerian ESDM, dalam hal ini Ditjen Ketenagalistrikan dan PLN bisa menemukan rumusan yang mudah bagi pemasangan listrik baru dan tidak menghambat kinerja industry dan bisnis.

Selanjutnya perizinan untuk membuka usaha baru dinilai Frangky juga masih cukup menyulitkan. Selain deregulasi untuk mempermudah usaha, pemerintah juga perlu melakukan sosialisasi agar para pelaku usaha mengetahui adanya kemudahan-kemudahan yang diberikan.

Seluruh upaya perbaikan ini akan terus dipantau tiap minggunya agar bisa dilaksanakan dengan konsisten. Untuk pengawasannya semua kementerian lembaga dan BUMN terkait setiap minggu, setiap bulan, wajib lapor ke Presiden.

Berdasarkan peringkat dalam kemudahan berusaha yang disusun oleh Bank Dunia, Indonesia masih berada di ranking 109 dari 189 negara. Jokowi menargetkan Indonesia bisa naik ke peringkat 40 pada 2017.(Vien)

Scroll To Top