Antisipasi Kekeringan Kementerian Pertanian Siapkan Rp 880 Miliar
Home » Berita » Antisipasi Kekeringan Kementerian Pertanian Siapkan Rp 880 Miliar
Antisipasi Kekeringan Kementerian Pertanian Siapkan Rp 880 Miliar

Antisipasi Kekeringan Kementerian Pertanian Siapkan Rp 880 Miliar

SatuSaja.Com – Antisipasi kekeringan Kementerian Pertanian menyiapkan anggaran sebesar Rp880 miliar. Hal ini disampaikan Amran Sulaiman Menteri Pertanian di Jakarta usai rakor kekeringan di Kementerian Pertanian.

Menurut Amran sampai saat ini di Indonesia ada sekitar 17.000 hektar lahan sawah puso atau gagal panen dari total lahan sawah yang mencapai 9,2 juta hektar. Lahan pertanian yang mengalami gagal panen itu tersebar antara lain di Jabar, Jateng, dan Lampung.
Kementerian Pertanian sebelumnya telah mengantisipasi kekeringan sejak Desember 2014, antara lain dengan pembagian pompa air sebanyak 21.000 unit kepada petani, pembangunan 1.000 embung dan perbaikan 1,3 juta hektar irigasi tersier. Untuk Irigasi Arman menyatakan pihak Kementerian Pertanian juga telah menyiapkan dana untuk perbaikan irigasi tersier sebesar Rp. 2 Triliun.

Selanjutnya Amran menyatakan lahan yang puso bisa ditutupi dengan penambahan areal tanam padi periode Oktober-Maret yang mencapai 400.000 hektar. Tentang luas kekeringan, menurut Amran tahun lalu mencapai 250.000 hektar sedangkan tahun ini hanya 110.000 hektar. (Put)

Scroll To Top